Tips bagi Pengusaha Agar Bisnisnya Tetap Berjalan di Masa Pandemi

bisnis di tengah pandemi

Hadirnya virus corona yang membuat kondisi dari setiap negara yang ada di dunia menjadi semakin berantakan, khususnya Indonesia sendiri. Menyebarnya virus corona tersebut berhasil mengancam kesehatan banyak orang di dunia, dan bahkan menyerang kondisi finansial semua orang diseluruh penjuru dunia.

Bisa dibilang hampir seluruh bidang merasakan dampak pandemi dan salah satunya yang yakni sektor bisnis atau usaha. Tercatat, banyak sekali pelaku bisnis atau pengusaha yang merasakan dampak negatif dari munculnya virus corona tersebut. Bukan hanya pendapatan saja yang turun, bahkan beberapa perusahaan terpaksa untuk mem-PHK sebagian karyawan mereka.

Usaha-usaha bahkan ada yang tutup total sebab sudah tidak sanggup lagi untuk memenuhi biaya operasional. Dalam kondisi yang sulit ini semua orang dituntun agar bisa mempunyai kreatifitas yang tinggi supaya bisa bertahan.

Untuk hal ini pelaku bisnis dituntut supaya bisa berpikir semakin kreatif agar bisnis yang sedang dijalankan akan terus bertahan. Setidaknya mereka mesti menyusun sebuah strategi jangka pendek untuk beberapa bulan kedepan sampai satu tahun.

Dibawah ini terdapat beberapa tips untuk menjaga bisnis yang kamu jalankan bisa bertahan selama masa pandemi virus corona, Simak ulasannya berikut ini.

1. Memastikan Keselamatan Konsumen

Ditengah maraknya virus corona, tentu keselamatan merupakan hal yang sangat penting dan harus menjadi perhatian penuh. Langkah awal agar bisa menjaga kestabilan bisnis kamu dalam menghadapi situasi sulit seperti sekarang ini yakni dengan memastikan sisi keselamatan para konsumen, mulai dari toko atau gerai yang aman dan bersih.

Selain itu kamu dapat menerapkan cek suhu tubuh kepada para konsumen yang mau masuk dan menyediakan hand sanitizer atau antiseptik, pastikan juga ada tempat untuk mencuci tangan yang bisa berfungsi.

2. Menyusun Program Jualan yang Menarik

Tips berikutnya yang mesti kamu lakukan supaya bisnis kamu dapat tetap berjalan di tengah hantaman virus corona yakni dengan menyusun program jualan yang tepat dan semenarik mungkin. Strategi tersebut selain membuat lebih menarik juga bisa meningkatkan trafik penjualan serta cash flow dari bisnis. Meskipun secara benefit terbilang tipis untuk batas waktu tertentu.

3. Menawarkan Layanan Delivery

Kamu bisa menawarkan program layanan delivery selama masa pandemi belum hilang. Seperti dengan menyediakan layanan khusus delivery yang bisa memudahkan para pelanggan yang sekolah, bekerja, beribadah dari rumah dapat dilayani dengan maksimal.

Tidak hanya itu, kamu juga dapat menyampaikan aktivitas dari program seperti Marketing In Criris lewat sarana digital mulai dari media digital, media sosial, poster, aplikasi chat, dan spanduk yang untuk masing-masing toko atau gerai dengan menerapkan konten menarik.

4. Mengedukasi Karyawan Tentang Pencegahan Virus Corona

Tips selanjutnya yang harus diterapkan dan masih ada kaitannya dengan menjaga kestabilan usaha atau bisnis di tengah merebaknya virus corona yakni dengan mengedukasi para karyawan tentang pencegahan virus tersebut supaya selalu menjaga kebersihan serta berhati-hati dalam bekerja. Selain memberitahu tentang bahaya virus corona kamu juga bisa menyampaikan cara tentang penyelamatan suatu usaha dalam menghadapi situasi yang dihasilkan oleh pandemic tersebut.

Walaupun begitu, upayakan menyampaikan hal ini dengan bijak dan memastikan para karyawan tidak timbul rasa cema berlebihan. Bila situasi sekiranya tidak memungkinkan kamu bisa memilih opsi lain yakni bekerja di rumah. Kamu bisa menggunakan layanan aplikasi untuk memberi laporan soal pekerjaan, melakukan meeting online hingga report hasil pekerjaan.

5. Memantau Selalu Transaksi Bisnis

Pengusaha atau pelaku bisnis pastinya tidak pernah jauh-jauh dari aktivitas transaksi kepada bank, agar bisa terhindar dari resiko penularan virus corona di tempat umum, sebaiknya kamu harus menghindari datang ke kantor cabang dari perusahaan perbankan dan pilihlah transaksi lewat online yang lebih aman dan nyaman.

6. Memantau Stok Barang

Gelombang pandemic yang tiada hentinya membuat sebagian orang berpikir untuk melakukan aktivitas lebih diluar salah satunya ketika mengunjungi gudang barang dari usahamu. Solusinya yakni kamu bisa memeriksa persediaan barang atau produk secara berkala lewat jarak jauh.

Dengan kemajuan teknologi sekarang ini, membuat timbulnya banyak pilihan aplikasi pengadaan online yang dapat dimanfaatkan di tengah pandemi ini berlangsung. Apabila perusahaan umumnya terbiasa dengan melakukan pengadaan stok produk untuk usaha mereka dari pemasok atau vendor, untuk kali ini proses pengadaan dilakukan via online yang sangat menguntungkan, selain menghemat waktu juga fleksibel serta bisa mengurangi pengeluaran transportasi, biaya pengiriman serta pengeluaran lainnya.

7. Kontak Para Mitra Bisnis Mengenai Pencegahan Covid-19

Untuk kamu yang mempunyai perusahaan penyedia layanan dan produk ke para pelanggan, Usahakan untuk menghubungi mitra bisnis kamu. Seperti mitra bisnis untuk bidang makanan, kamu harus memastikan kalau mereka sudah menjalankan langkah-langkah pencegahan virus corona. Hal tersebut tentu bertujuan untuk memastikan bahwa produk yang tersedia bersih, dan aman dari ancaman virus corona.