Mau Jadi Pengusaha? Ini Sifat-sifat yang Harus Dimiliki

pengusaha

Sukses adalah cita-cita dari setiap orang. Entah dia adalah pekerja, wirausaha, bahkan pengangguran sekalipun. Banyak orang percaya bahwa karakter dari seseorang bisa menentukan sukses atau tidaknya orang itu kelak. Tapi tanpa adanya upaya yang maksimal, sukses hanyalah angan-angan yang sangat susah untuk dicapai.

Begitupun dalam menjalankan usaha. Menjadi seorang pengusaha yang sukses tidaklah mudah. Banyak hal yang harus dilalui dalam upaya mengembangkan bisnisnya. Untuk menjadi pengusaha yang sukses,kita harus mempunyai sifat-sifat dasar seorang pengusaha. Apa saja sifat-sifat dasar tersebut? Mari kita simak beberapa sifat yang harus dimiliki seorang pengusaha agar sukses dalam berbisnis.

Sifat-sifat yang harus dimiliki oleh pengusaha

1. Mempunyai semangat dan motivasi yang tinggi

Tidak Mudah untuk memulai semua dari nol. Oleh karena itu, seorang pengusaha harus mempunyai semangat yang besar dalam memulai usahanya. Tidak hanya bermodal semangat, seorang pengusaha harus memiliki motivasi yang tinggi untuk menjalankan usaha tersebut. Tanpa adanya motivasi yang tinggi, usaha yang dibangun bisa berhenti di tengah jalan ketika semangat si pengusaha mulai meredup.

Salah satu cara untuk mempertahankan semangat dan motivasi dalam menjalankan usaha adalah tumbuhkanlah minat pada bidang yang kita geluti. Kenapa demikian? Karena dengan adanya minat pada usaha yang sedang kita jalani, kita akan merasa lebih nyaman dan menyenangkan untuk menjalankan usaha kita tersebut.

2. Visioner dan kreatif 

Seorang pengusaha yang sukses akan melihat jauh kedepan dan mempunyai visi yang kuat serta target yang jelas dalam menjalankan usahanya. Fokusnya tidak hanya pada pengembangan usaha saat ini saja tapi juga untuk kedepannya. Dengan visi yang jelas di kedepannya membuat perencanaan yang disiapkan untuk kedepannya akan jauh lebih baik. Pengusaha juga dituntut untuk kreatif dalam membuat strategi-strategi dalam mencapai target. 

3. Disiplin dan fokus

Pengusaha sukses cenderung disiplin dan fokus dalam menjalankan usahanya. Dengan disiplin dan fokus, kita dapat menghindari gangguan dan hambatan yang mungkin terjadi dalam upaya mencapai target yang telah kita tetapkan. Untuk bisa disiplin,kita harus bisa mengontrol diri serta harus sadar akan tanggungjawab yang kita miliki dalam upaya mengembangkan usaha tersebut. Dengan tetap berfokus pada target yang sudah ditetapkan, kita bisa meminimalisir resiko kegagalan hanya karena ingin mencoba hal baru.

4. Pantang menyerah

Seorang pengusaha yang sukses pasti pantang menyerah dalam menjalankan usahanya. Gagal tidak akan menghentikan langkah untuk terus berinovasi demi mencapai target yang telah ditetapkan. Orang yang sukses biasanya adalah orang yang berani mengambil resiko dan juga tantangan. Sejak pertama berkeputusan untuk memulai usaha, seorang pengusaha sukses pasti sudah memperhitungkan segenap resiko besar yang mungkin terjadi di kedepannya. Kegagalan yang muncul menjadi resiko seharusnya bisa menjadi penyemangat untuk mencapai target dan melampaui segala resiko tersebut. 

5. Professional

Seorang pengusaha yang baik haruslah bisa bersikap professional. Mampu berfokus pada usaha dan targetnya dan bisa mengesampingkan hal-hal yang mungkin tidak berhubungan dengan lingkup usahanya. 

6. Adaptif

Kemampuan beradaptasi dengan baik pasti dimiliki oleh seorang pengusaha sukses. Hal ini menjadi keuntungan dalam menjangkau klien yang berasal dari semua golongan. Selain itu sifat adaptif ini membuat usaha yang digeluti menjadi tidak kaku dan bisa bergerak mengikuti perkembangan zaman.

7. Terus belajar

Seorang pengusaha yang sukses pasti peka akan perubahan. Hal itu membuat dia tidak akan berhenti untuk belajar. Kesadaran bahwa semua terus berkembang menjadi semangat untuk terus mempelajari semua hal untuk bisa menunjang usahanya walaupun dia sudah menjadi seorang pengusaha sukses.

8. Open minded dan bisa menerima kritik

Seorang pengusaha sukses sadar bahwa dia tidak bisa bergerak sendirian. Berpikiran terbuka adalah salah satu sifat yang dimiliki. Dia bisa menerima segala masukan, ide, gagasan, pandangan dan juga teori dari luar untuk dijadikan peluang. Selain itu pengusaha sukses akan menerima semua kritik untuk mengubahnya menjadi lebih baik.

9. Berorientasi pada target

Seorang pengusaha yang sukses biasanya tidak hanya visioner tapi juga berorientasi pada target yang menjadi tujuan. Semua rencana, langkah dan juga strategi pasti selalu berorientasi pada target 

10. Low profile dan problem solving

Seorang pengusaha sukses tidak menempatkan dirinya sebagai seorang bos. Walaupun mempunyai jiwa kepemimpinan yang kuat,seorang pengusaha sukses cenderung low profile dan juga mampu beradaptasi dengan segala situasi. Selain itu ketika menemukan sebuah masalah, seorang pengusaha sukses akan berupaya untuk memecahkan masalah tersebut tanpa harus menimbulkan masalah baru. 

Itulah beberapa sifat yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha agar menjadi seorang pengusaha yang sukses. Fokus dan disiplin adalah kunci utama dari keberhasilan dalam menjalankan sebuah usaha dan sifat-sifat diatas menjadi pendukung utama dalam meraih keberhasilan tersebut. Apakah anda memiliki sifat-sifat pengusaha sukses tersebut?