Serba-Serbi

Kenapa Generasi Z Suka Pindah-pindah Tempat Kerja?

Bukan hal yang asing dan baru lagi dengan generasi Z yang suka pindah-pindah tempat kerja. Mungkin bagi generasi diatas generasi Z bertanya-tanya kenapa mereka suka banget pindah tempat kerja. Apa sih alasan mereka pindah? Yuk kita cari tahu. Artikel dibawah ini akan mengulik beberapa alasan kenapa generasi Z suka pindah tempat kerja.

Beberapa alasan dan sebab generasi Z pindah-pindah tempat kerja, diantaranya adalah :

  1. Bosan

Alasan pertama yang sering sekali dilontarkan oleh para generasi Z adalah bosan dengan tempat kerja dikarenakan generasi mereka terkenal dengan aktivitas yang tinggi. Tentunya dari segi kreatifitaspun mereka juga tinggi.

Walaupun mungkin rasa bosan bisa diobati dengan travelling atau istirahat di rumah dengan menggunakan jatah cuti, tidak sedikit dari mereka yang lebih memutuskan untuk resign dan mencari tempat lain dengan suasana kerja yang baru.

  1. Pekerjaan yang tidak sesuai

Jaman sekarang ini , banyak orang yang bekerja tidak sesuai dengan latar belakang pendidikannya. Tak terkecuali untuk generasi Z. Para perusahaan akan lebih melihat strata pendidikannya dan lebih ke arah pengalaman. Itulah salah satu alasan yang mendorong mereka untuk pindah tempat kerja yang sesuai dengan latar belakang pendidikan. 

  1. Instan

Generasi Z sekarang ini lebih banyak yang menginginkan semua harus instan. Misal dengan latar pendidikan S2 tanpa pengalaman apapun, mereka ingin langsung masuk menjadi setidaknya manager. Para generasi Z tidak akan mampu untuk mengikut skema perusahaan yang berjenjang karir.

  1. Karir

Dengan banyaknya generasi Z yang menginginkan semua serba instan, akan lebih mungkin untuk mereka pindah ke tempat kerja yang baru jika mereka mendapatkan tawaran dengan posisi yang lebih tinggi atau menjanjikan.

  1. Rekan Kerja

untuk sebagian orang tentu menginginkan rekan kerja yang seirama . Jika kita tidak mendapatkan rekan kerja yang sesuai dengan kinerja kita, pasti kita akan memutuskan untuk lebih baik mundur atau resign jika rekan kita tidak bisa diberi masukan atau tidak bisa diajak kerjasama.

  1. Gaji

Generasi Z tidak akan melewatkan jika mereka mendapatkan penawaran kerja dengan gaji yang lebih besar dari tempatnya bekerja. Mereka tidak akan melihat jangka panjangnya bagaimana bisa bertahan disatu tempat dan maju dengan promosi yang berjenjang , melainkan lebih melihat dari gaji yang didapat. Mereka tidak akan segan-segan langsung resign jika mendapatkan penawaran yang lebih besar dan menggiurkan.

  1. Senioritas

Pada jaman sekarang pun masih banyak kantor atau perusahaan dengan sistem senioritas. Dimana siapa yang sudah lama di suatu perusahaan berhak menyuruh juniornya untuk mengerjakan pekerjaannya yang seharusnya menjadi tanggung jawabnya. Junior tidak dapat menolak jika mereka ingin bertahan di perusahaan tersebut dan harus menerima semua perintah seniornya.

  1. Komunikasi

Gaya perusahaan yang memiliki sistem komunikasi searah, tidak akan membuat para generasi Z betah. Dengan tingkat kreatifitas yang sangat tinggi, generasi Z menuntut untuk komunikasi dua arah dimana walaupun mereka masih ditingkat bawah atau staff, ide dan pendapat mereka dihargai. 

Jika ide atau pendapat mereka tidak didengar, mereka akan lebih memilih untuk resign dan mencari tempat kerja dengan sistem komunikasi dua arah.

  1. Tantangan Baru

Generasi Z yang kebanyakan masih anak-anak muda pasti haus akan tantangan. Jika mereka sudah mendapatkan posisi yang nyaman namun tidak ada perkembangan, mereka akan mencari tempat kerja dengan tantangan yang baru.

  1. Pendidikan

Tentunya banyak yang menginginkan melanjutkan jenjang pendidikan ke yang lebih tinggi namun masih dapat bekerja dengan baik. Tidak banyak kantor yang dapat fleksibel dengan waktu bekerja dan kuliah. Maka dari itu mereka lebih memilih pindah tempat ke kantor yang memiliki waktu lebih fleksibel sehingga mereka bisa kuliah dan bekerja.

  1. Mengikuti pasangan

Bukan hal yang baru jika kamu mendengar teman kamu ingin resign dengan alasan tidak bisa berhubungan jarak jauh dengan pasangannya. Mereka akan lebih memilih pindah tempat kerja daripada menjalani hubungan jarak jauh.

  1. Mudik

Bagi mereka yang tidak bisa dipisahkan dari kampung halamannya, jika mereka mendapatkan kerja di tempat lain kota atau daerah, biasanya mereka tidak akan betah dan tidak akan bertahan lama. Mereka akan resign dengan alasan ingin pulang ke kampung halamannya.

  1. Lingkungan kerja

Suasana lingkungan kerja akan menjadi salah satu faktor yang menyebabkan seseorang pindah tempat kerja. Jika tempat kerja mendapatkan suasana yang tidak enak dan tidak dapat beradaptasi serta tidak dapat berkembang kedepannya, mereka akan lebih memilih untuk pindah ke tempat dengan lingkungan kerja yang nyaman sehingga mereka dapat mengembangan ilmu mereka.

itulah beberapa alasan dan sebab kenapa generasi Z sekarang ini suka pindah-pindah tempat kerja. Apakah kamu termasuk generasi Z seperti yang diatas? Seperti diatas ataupun tidak, semoga sukses selalu untuk semua pekerjaan kamu. Semangat.