Tips dan Trik

Cara Cepat Untuk Melunasi Hutang di Pinjaman Online

Melunasi Hutang

Terdapat beberapa cara agar kamu bisa melunasi semua hutang yang kamu pinjam dari layanan fintech atau pinjaman online. Hingga saat ini, layanan fintech sudah menjadi tren terbaru dan keberadaannya semakin banyak seiring perannya semakin dibutuhkan ditengah kondisi masyarakat saat ini. Akan tetapi, kondisi ini terkadang tidak semuanya berujung baik, bahkan ada sebagian dari masyarakat yang justru terlilit hutang dengan layanan fintech dan tidak mampu mengatur pinjamannya sendiri.

Hal ini harus diatasi sedini mungkin, karena semakin banyak orang yang terbuai oleh pinjaman online. Kondisi ini juga berkaitan dengan syarat dan ketentuan dari setiap pinjaman online sangat memudahkan masyarakat. Dengan kemudahan ini, pasti ada diantaranya yang mudah terbuai dan tidak bisa mengontrol dan akhirnya berpengaruh terhadap kesehatan finansial mereka secara pribadi.

Agar lebih mudah dalam mengatur hutang di pinjaman online serta cepat untuk bisa melunasi semua hutang tersebut, terdapat beberapa cara yang dapat kamu lakukan supaya pelunasan cicilan bisa lebih terstruktur dan lebih mudah untuk melunasi hutang-hutang yang ada di fintech. Untuk itu, simak penjelasannya lebih lengkap dibawah ini.

1. Membuat Daftar Seluruh Hutang di Layanan Fintech

Faktanya, ada saja orang yang melakukan pinjaman ke beberapa pinjaman online dalam waktu bersamaan, atau bahkan 3 sampai 5 layanan pinjaman online mereka gunakan. Maka dari itu, poin dari penjelasan berikut ini khusus bagi kamu yang meminjam dana lebih dari 1 pinjaman online.

Agar memudahkan dalam merinci hutang yang ada, poin pertama yang mesti kamu lakukan yakni menyusun daftar atau bentuk rincian semua hutang, kamu perlu menulis jumlah hutang secara keseluruhan lalu sertakan minimal angsuran dan besaran bunga yang wajib dibayar. Dengan begitu kamu bisa mengetahui mana yang harus diprioritaskan dan jumlah tersebut bisa memberimu rasa sadar dan motivasi lebih untuk bisa melunasinya dengan cepat.

2. Menyusun Hutang Sesuai Prioritas Paling Utama

Sesudah melakukan perincian seluruh hutang pada fintech, kamu bisa menyusun daftar hutang berdasarkan hutang mana yang mesti didahulukan untuk dibayar. Para ahli menyarankan agar membayar hutang dari yang jumlahnya paling kecil sampai yang besar. Saran ini mungkin bisa kamu terapkan sendiri, mungkin saja cocok dengan pola yang kamu miliki.

Namun, ada juga yang menyarankan agar melunasi hutang dengan bunga yang paling kecil dahulu supaya uang yang keluar lebih sedikit untuk urusan bunga. Tapi, semua opsi tersebut dirasa memiliki kelebihannya masing-masing tergantung kamu yang memiliki motivasi yang bagus dan mau konsisten seperti seluruh opsi akan berjalan dengan lancar.

3. Mencari Sumber Penghasilan Tambahan

Jika kamu sudah mengetahui seluruh jumlah hutang yang ada di pinjaman online, tips yang harus kamu lakukan setelahnya adalah menyesuaikan dengan jumlah penghasilan yang kamu miliki. Cara paling mudah untuk memperoleh dana tambahan untuk jatah membayar cicilan yakni dengan memotong alur pengeluaran untuk beberapa aspek agar ada alokasi tambahan untuk bisa mencicil hutang.

Apabila hal ini dirasa masih kurang, kamu bisa mencari pekerjaan lain, agar bisa memperoleh uang diluar dari gaji bulanan kamu. Seperti menjadi freelance atau part time untuk pekerjaan tertentu, atau bisa juga menjual sebuah aset yang sekiranya tidak begitu berguna atau sudah tidak digunakan akan tetapi masih memiliki harga jual.

4. Fokus Melunasi Satu Hutang dalam Satu Waktu

Pelunasan hutang tentu akan jauh lebih baik jika kamu terhadap hutang pertama berdasarkan susun daftar yang telah kamu buat. Alokasikan semua pendapatan tambahan untuk membayar hutang pertama kamu, jika memiliki sisa kamu dapat mencicil sedikit hutang-hutang kamu di pinjaman online OJK lain.

Lewat cara tersebut, efeknya uang yang kamu keluarkan menjadi lebih sedikit untuk mencicil bunga yang ada. Apabila pendapatan tambahan tersebut kamu sebarkan untuk membayar seluruh cicilan hutang di fintech, alhasil semua hutang kamu tidak ada yang bisa lunas segera sebab akan selalu ada bunga yang wajib kamu bayar dari setiap pinjaman online tersebut.

5. Pindah Ke Daftar Hutang Berikutnya

Jika kamu sudah berhasil melunasi hutang kamu yang pertama pada daftar yang telah kamu susun sendiri, berikutnya kamu harus melakukan hal yang sama terhadap hutang kedua dari daftar tersebut, dan sambil membayar semua saldo minimum dari hutang yang ada, Teruslah melakukan hal ini hingga seluruh daftar hutang kamu berhasil dilunasi semuanya.

Jika di pikirkan, hal ini pasti membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa melunasi semua hutang, namun dengan menerapkan metode seperti ini, pastinya kamu akan merasa lebih mudah serta cepat dalam melunasi hutang yang ada di fintech atau pinjol yang tadinya menumpuk namun bisa terselesaikan.