Tips dan Trik

Tips Mengelola Keuangan Bisnis Dan Keuangan Pribadi

evaluasi kondisi keuangan

minizal.net – Ketika anda baru saja memulai usaha, maka anda pun wajib untuk memisahkan keuangan pribadi dan juga keuangan untuk bisnis. Meskipun usaha tersebut miliki anda sendiri dan tanpa adanya karyawan, mengelola keuangan dengan tepat menjadi hal yang harus untuk anda lakukan. Bagi anda yang masih mengalami kebingungan, maka dalam ulasan kali ini akan dibahas beberapa tips untuk kelola keuangan tersebut dengan lebih baik, berikut simak ulasannya.

Cara Kelola Keuangan Bisnis dan Keuangan Pribadi Secara Tepat

  1. Dengan Mengalokasikan Profit dengan Tepat

Hal pertama yang perlu untuk anda lakukan ketika ingin mengatur keuangan secara lebih tepat adalah dengan mengalokasikan profit atau keuntungan. Untuk itu, anda pun juga perlu untuk mengetahui adanya formulasi yang tepat. Dimana sebanyak 2,5 persen dari pendapatan usaha anda, bisa anda sisipkan untuk keperluan zakat usaha. Selain itu, 15 persennya digunakan untuk disimpan dan ditabung.

mengalokasikan profit dengan tepat

Bahkan anda pun juga bisa untuk menginvestasikannya untuk keperluan pribadi. Kemudian, sebanyak 20 persen bisa anda pisahkan untuk kebutuhan yakni berupa cicilan hutang modal. Meskipun modal usaha anda dapatkan dengan dana dari dompet sendiri, maka hal ini juga perlu untuk anda lakukan. Selanjutnya, untuk 30 persen bisa anda gunakan untuk kepentingan pribadi dan 32,5 persen bisa digunakan untuk tabungan pengembangan usaha di masa depan.

  1. Dengan Menganalisa Kondisi Keuangan 

Ketika anda ingin mengelola uang pribadi dan uang usaha dengan tepat, maka anda pun juga perlu untuk melakukan riset atau analisa tentang kondisi keuangan yang anda miliki. Untuk itu, anda pun bisa melakukannya secara berkala. Sehingga nantinya anda pun akan mengetahui bagaimana kondisi dari keuangan yang anda miliki dan membuat keuangan pun menjadi lebih teratur.

Untuk itu, hal tersebut pun bisa anda lakukan setiap tiga bulan sekali. Anda pun juga perlu melakukannya secara rutin. Tak hanya itu saja, anda pun juga perlu untuk memperhatikan kondisi dari keuangan yang anda miliki. Baik berupa hutang ataupun pendapatan dari usaha yang anda jalani. Dengan melakukannya secara rutin dan teratur, maka anda pun akan bisa menganalisis tentang kondisi keuangan yang anda miliki.

Baca Juga : Gurita Bisnis Miliarder Amerika, Elon Musk

  1. Dengan Melakukan Evaluasi Setiap Minggu

Selain melakukan analisa dan riset terhadap kondisi keuangan anda, maka untuk melakukan evaluasi keuangan pribadi dan keuangan usaha agar lebih seimbang. Untuk itu, setiap minggunya anda pun juga bisa mengadakan evaluasi. Hal ini bertujuan agar nantinya anda pun akan menjadi tahu tentang pergerakan modal usaha dan juga berapa keuntungan yang anda peroleh.

evaluasi kondisi keuangan

Dengan begitu, ketika anda melakukan pencatatan dengan baik maka nantinya anda pun akan memiliki pengelolaan uang yang cukup rapi dan baik. Sehingga, untuk kedepannya anda pun akan memiliki gambaran karena telah melakukan evaluasi dan pencatatan secara rinci tentang hal yang berkaitan dengan usaha anda. Uang pribadi anda dan uang usaha anda pun tentu saja tidak akan menjadi tertukar.

  1. Dengan Mengelola Usaha Lebih Baik

Selanjutnya, anda pun juga perlu untuk mengelola usaha dengan lebih baik. Hal tersebut bertujuan agar nantinya anda pun akan bisa untuk mengembangkan usaha dengan lebih maksimal. Dengan begitu, maka anda pun akan bisa untuk memperoleh keuntungan sesuai dengan apa yang anda inginkan. Oleh karena itu, anda bisa melakukan perhitungan secara rutin.

Cara untuk melakukan perhitungan tersebut pun cukup mudah. Pertama, anda bisa dengan menghitung apa saja pengeluaran yang rutin untuk keperluan usaha anda. Kemudian, anda pun bisa dengan memperkirakan pemasukan yang anda peroleh secara rutin. Anda pun juga perlu melakukan hal tersebut dengan disiplin. Contohnya saja dengan melakukan pengarsipan tagihan maupun nota pembelanjaan untuk usaha anda.

  1. Dengan Memisahkan Rekening Usaha dan Rekening Pribadi

Bagi anda yang ingin mengatur dan mengelola uang usaha dan uang pribadi secara tepat, maka anda pun perlu untuk membuat rekening yang berbeda. Untuk pemisahan rekening tersebut, anda tak perlu untuk membuat rekening di bank yang berbeda. Sehingga anda pun bisa menggunakan bank yang sama namun dengan bentuk rekening yang berbeda.

memisahkan rekening usaha dan pribadi

Hal tersebut memiliki tujuan agar uang pribadi yang anda miliki tidak tercampur dengan uang yang anda miliki untuk melakukan usaha. Dengan memisahkannya, maka anda pun nantinya akan dengan mudah untuk melihat arus dari kas usaha ataupun kondisi keuangan pribadi anda. Sehingga anda pun akan bisa untuk melihat dengan pasti apakah usaha anda telah mengalami keuntungan atau malah mengalami kemerosotan.

Dengan melakukan pengelolaan keuangan dengan baik, maka anda pun akn bisa untuk mengetahui laju keuangan yang anda miliki. Sehingga dengan adanya hal tersebut akan membuat keuangan menjadi tidak tercampur dan akan membuat anda menjadi tidak bingung. Dengan memiliki pengetahuan untuk melakukan pengelolaan keuangan dengan baik, maka akan sangat bermanfaat untuk kehidupan anda nantinya.