Tips dan Trik

Sudah Coba Berjualan di Instagram? Berikut Beberapa Tipsnya

jangan ragu memberikan diskon

minizal.net – Seiring dengan perkembangan zaman yang ada saat ini, banyak orang memilih mencari produk dengan cara online. Hal inilah yang juga menjadikan banyak jenis bisnis menjadi beralih dengan basis online sekarang. Dengan target pasar yang luas, kamu dapat menggunakan beragam media sosial yang ada saat ini. Misalnya dengan menggunakan media sosial Instagram. Lalu bagaimana tips berjualan di Instagram tersebut?

Beragam Tips untuk Berjualan di Instagram

  1. Tentukan Audience Sebelumnya

Langkah awal yang dapat kamu lakukan adalah dengan menentukan audience terlebih dahulu di awal membangun bisnis dengan basis online ini. Dengan mengetahui audience yang dibidik, maka kamu bisa menentukan hal lain di tahap selanjutnya. Seperti misalnya menentukan konten dan juga brand voice yang akan digunakan. Brand voice sendiri dapat diibaratkan sebagai karakter dari brand yang kamu miliki.

tentukan audience sebelum berjualan di instagram

Upayakan untuk memiliki brand voice yang otentik untuk membuat para calon konsumen berdatangan. Salah satu brand voice pada media sosial Instagram untuk bisnis kamu ialah berupa karakter yang ada di konten yang diunggah. Cara berkomunikasi yang kamu berikan di media sosial tersebut juga merupakan salah satu wujud brand voice yang layak untuk diperhatikan dengan cermat.

  1. Buat Akun Instagram Bisnis

Setelah menentukan audience dan brand voice yang digunakan, kamu dapat mengubah akun Instagram menjadi akun bisnis. Di media sosial Instagram sendiri terdapat beberapa pilihan jenis akun yang dapat Kamu pilih. Mulai dari akun pribadi, kreator, dan juga bisnis. Setiap jenis akun akan memiliki perbedaan tersendiri di dalamnya. Dengan akun bisnis diharapakan dapat memberikan kemudahan bagi Kamu untuk menjalankan bisnis tersebut.

Dengan beralih menggunakan akun jenis bisnis tersebut, usaha yang Kamu miliki juga akan terlihat lebih kredibel di mata para pengunjung yang ada. Cara untuk mengalihkan akun Instagram biasa menuju akun Instagram bisnis juga relatif mudah untuk dilakukan. Kamu dapat melakukannya di menu pengaturan yang terdapat di media sosial tersebut. Namun untuk beralih di akun bisnis, biasanya kamu juga akan diminta untuk membuat akun Facebook dahulu.

Baca Juga : Minat Kuliah Jurusan Bisnis? Berikut Kampus dengan Jurusan Bisnis dan Prospek Kerjanya

  1. Buat Konten yang Menarik

Hal lain yang tidak kalah penting untuk diperhatikan ialah mengenai masalah konten. Di era dengan kemajuan teknologi yang kaya akan informasi ini, sebuah konten adalah salah satu hal yang banyak dicari oleh masyarakat. Upayakan untuk menentukan konsep dari konten tersebut sebelum menggunggahnya. Kamu juga harus mengupayakan agar konten tersebut diupload dengan waktu yang konsisten.

buat konten instagram yang menarik

Konten yang kamu buat juga sebaiknya seiringan dengan audience yang akan dibidik. Aspek lain yang tidak kalah penting untuk membuat konten di Instagram ialah mengenai pengambilan gambar yang dilakukan. Kamu bisa menggunakan bantuan efek tertentu untuk membuat konten yang ada menjadi semakin menarik bagi para pengunjung di media sosial tersebut. Waktu untuk mengupload konten Instagram ini juga layak untuk diperhitungkan.

  1. Manfaatkan Penggunaan Hashtag

Salah satu hal yang dapat ditemui di media sosial Instagram adalah hashtag. Hashtag ini sendiri memiliki banyak fungsi yang bisa kamu manfaatkan. Seperti misalnya untuk membantu menyebarkan produk yang dijual kepada para calon pembeli yang ada. Gunakan hashtag yang relevan dengan konten yang kamu unggah sebelumnya. Fitur berupa hashtag ini sendiri tidak hanya dapat dipasang di konten berupa gambar saja.

Kamu juga dapat menggunakan hashtag tersebut pada konten yang berupa video di dalamnya. Namun juga terdapat beberapa hal yang layak untuk dicermati pada saat menggunakan hashtag tersebut. Upayakan untuk tidak mengguankan hashtag secara berlebihan. Karena dengan hal ini justru akan membuat para pengunjung merasa terganggu dan tidak bisa menikmati konten yang kamu berikan.

  1. Jangan Ragu Menawarkan Diskon

Tips lain yang tidak kalah penting untuk dilakukan sebagai penjual di Instagram ialah berhubungan dengan diskon atau potongan harga. Di awal mula membangun sebuah bisnis, diskon juga bisa memberikan peran penting dalam menarik minat para calon pelanggan. Namun tentu saja jumlah dari diskon tersebut layak untuk kamu pertimbangkan secara matang sehingga tidak menimbulkan kerugian pada anggaran yang ada.

jangan ragu memberikan diskon

Salah satu cara agar diskon yang ditawarkan lebih menarik adalah dengan mencantumkan harga sebelum dan setalah diskon. Dengan cara ini para pengunjung dapat melihat dan mengetahui berapa banyak nominal yang dapat mereka hemat dengan menggunakan diskon yang ada. Cara tersebutlah yang diharapkan dapat membuat para calon pembeli menjadi lebih tertarik kepada produk yang kamu jual.

Terdapat beberapa tips yang bisa kamu coba untuk berjualan dengan sukses di Instagram. Seperti misalnya dengan menentukan audience terlebih dahulu. Lalu kamu juga bisa mulai beralih ke akun Instagram bisnis untuk hal ini. Hal lain yang dapat kamu lakukan adalah dengan membuat konten yang menarik serta menggunakan hashtag yang relevan di dalamnya. Diskon untuk para pembeli juga bisa kamu coba dalam berjualan di media sosial ini.