Berita Bisnis

Peluang Bisnis yang Bisa Dilakukan Mahasiswa

peluang usaha

Sebagai seorang mahasiswa, kamu harus bisa kreatif agar dapat mandiri, serta meringankan kiriman uang dari orang tua. Banyak mahasiswa yang sadar akan bisnis, sebagian dari mereka banyak melakukan usaha sambil menjalankan studinya di perguruan tinggi. Dengan bekal kreatifitas, peka akan peluang yang ada serta berani ambil resiko, ada modal awal untuk memulai bisnis saat kuliah.

Sebetulnya banyak sekali peluang bisnis untuk dilakukan oleh mahasiswa dengan hanya bermodal kecil. Sebab, fase kuliah merupakan momen yang pas bagi seorang mahasiswa mencoba bidang usaha meski dari bisnis yang kecil. Karena mahasiswa sendiri nantinya akan menghadapi rintangan dunia pekerjaan, tentu jiwa bisnis bisa dipersiapkan sejak dini.

Bidang bisnis untuk sekelas mahasiswa bukan soal menambah uang jajan saja, akan tetapi menjadi modal pengalaman yang bisa dijadikan sebagai pilih ketika sudah lulus studi. Dengan memulai bisnis dari saat kuliah, mahasiswa tidak akan dipusingkan soal urusan biaya sebelum wisuda serta tidak akan bingung mendapatkan pekerjaan sesudah lulus.

Dibawah ini terdapat beberapa daftar pilihan bisnis yang bisa dilakukan oleh mahasiswa. Berikut penjelasannya.

1. Menjual Pakaian

Pakaian akan selalu menjadi hal yang sangat penting bagi seorang mahasiswa yang dimana setiap harinya mengganti pakaian yang dikenakan untuk pergi bermain atau kuliah. Dengan ini kamu bisa memiliki peluang untuk membuka toko yang menjual pakaian. Untuk toko sendiri bisa kamu buka dalam bentuk offline atau pun online atau bisa juga melakukan keduanya agar lebih lebih untung.

Dari jenis pakaian kamu bisa menentukan dan memilih sesuai tager pasar yang akan kamu incar. Terdapat banyak sekali model pakaian yang dapat dijadikan produk usaha, seperti jersey, pakaian muslim, hijab, kaos, pakaian wanita dan masih banyak lagi. Bukan hanya baju baru, barang bekas yang layak pakai pun hingga saat ini masih begitu banyak yang minat.

2. Jasa Konten Artikel

Tentang hal ini bisa kamu cari informasi di internet. Tidak mengherankan bahwa banyak sekali website baru yang bermunculan baik website perusahaan ataupun yang berisikan tentang informasi, promosi pada produk. Pemilik situs terkadang tidak mempunyai cukup waktu untuk bisa membuat konten keperluan website mereka sehingga membutuhkan orang lain agar bisa menghendelnya.

Mahasiswa bisa mengambil peluang tersebut dengan membuka jasa penulisan konten artikel. Jasa pembuatan konten ini dapat dilakukan oleh siapapun dan mahasiswa dengan jurusan apapun.

Memulai jasa tersebut, kamu bisa membuat sebuah akun di media sosial atau website dengan isi contoh artikel lalu rincian biaya yang ditetapkan. Teknik SEO termasuk hal yang penting untuk urusan jasa konten, dengan begitu kamu bisa meningkatkan trafik lebih mudah. Untuk jasa konten ini, bagi kamu yang pemulah, kamu bisa melakukannya dengan mempromosikan melalui akun sosial media pribadimu.

3. Membuka Warung Kopi

Kamu bisa membuka warung kopi yang sederhana saja sudah cukup, karena kamu seorang mahasiswa, tentu hal utama ketika membuka usaha adalah untuk menambah uang jajan, maka dari itu kamu bisa membuka warung kopi sederhana, dengan begitu kamu tidak membutuhkan modal yang besar ketika memulainya.

Meski membuka warung kopi sederhana, bukan tidak mungkin kamu malah mendapatkan keuntungan diluar dugaan, apalagi membuka di wilayah yang strategis, seperti di dekat kampus atau area keramaian.  Umumnya warung kopi buka di malam hari, sehingga akan sangat cocok untuk seorang mahasiswa mengisi waktu kosong sambil mencari pundi-pundi uang melalui warung kopi.

Seorang mahasiswa mempunyai kelebihan soal jaringan, yakni bisa menarik pelanggan yang banyak melalui koneksi antar teman-teman kuliah agar bisa datang dan menikmati kopi di warung yang kamu buka. Apabila hal ini berjalan seperti yang kamu rencanakan, suatu saat ketika teman-teman kuliah akan melakukan rapat atau acara pertemuan, warung kamu bisa menjadi opsi buat berkumpul.

4. Jasa Bidang Desain Grafis

Peluang bisnis yang bisa dilakukan oleh mahasiswa berikutnya adalah membuka jasa bidang desain grafis. Hal ini tentu menjadi peluang besar bagi mahasiswa yang mempunyai keahlian di bidang desain. Baik mahasiswa yang memang mengambil jurusan desain atau yang tidak, akan tetapi mempunyai kemampuan tersebut.

Biasanya keahlian dalam bisa desain grafis akan sangat dibutuhkan untuk keperluan pembuatan brosur, gambar, logo, dan macam-macam desain lainnya. Membuka jasa desain hanya bermodalkan sebuah laptop atau komputer serta printer, jika masih pemula kamu bisa menggunakan laptop, apalagi seorang mahasiswa biasanya sudah memiliki laptop untuk mengerjakan tugas kuliah. Upayakan laptop yang digunakan memiliki spesifikasi yang mumpuni untuk desain. Kamu bisa memanfaatkan layanan pinjaman online OJK yang resmi dan terpercaya untuk upgrade laptop desain kamu.

5. Membuka Toko Online

Membuka sebuah toko online sangat mudah dilakukan karena begitu banyak sarana pendukung seperti platform marketplace yang bermacam-macam pilihan dengan fiturnya. Dengan begitu, mahasiswa bisa mengambil peluang tersebut untuk bisa membuka sebuah toko online serta menjual macam-macam produk yang kamu inginkan.

Menjual produk di toko online bisa kamu mulai dengan menjadi reseler alias menjual produk orang lain atau bahkan kamu menjual produk milik kamu pribadi. Sebaiknya pelajari atau kuasai dulu produk yang akan kamu tawarkan di toko online tersebut agar nantinya tentang segala prosesnya dapat berjalan dengan lancar.