Berita Bisnis

Modal Untuk Bisnis Ikan Cupang

ikan cupang

Banyak orang yang sudah mengetahui tentang ikan cupang. Ditambah, akhir-akhir ini makin ramai saja orang yang membuka usaha ikan cupang, membuat ikan jenis ini cukup mudah kita temukan dimanapun.

Ikan tersebut termasuk jenis ikan yang tidak susah untuk dipelihara. Ikan cupang mempunyai banyak penggemar, maka dari itu bisnis ikan cupang saat ini merupakan peluang yang bagus untuk dijadikan sebuah bisnis baru, cara untuk membudidayakannya pun cukup mudah sebab kita tidak perlu mencari tempat yang luas serta modal yang tinggi.

Keuntungan lainnya yang kamu dapatkan ketika ternak ikan cupang yaitu, faktanya ikan hias satu ini mempunyai daya tahan tubuh yang sangat kuat dan tangguh. Ketahanan ikan cupang dapat meminimalisir bentuk kerugian yang dapat dialami karena ikan yang kamu ternak mudah mati. Hal ini tentu menjadi salah satu faktor terbesar mengapa ternak ikan cupang sangat menjanjikan.

Modal Awal dan Keuntungan Ternak Ikan Cupang

1. Modal Sangat Terjangkau

Jika berbicara soal bisnis, tentunya kita semua setuju apabila modal merupakan pondasi utama untuk memulai sebuah bisnis. Salah satu tindakannya yang harus kamu lakukan yakni apakah berbisnis ikan cupang membutuhkan modal besar atau tidak.

Ketika kamu mengetahui modal yang harus disiapkan untuk memulai bisnis ternak ikan cupang, bisa dipastikan kamu akan tergiur apalagi bagi kamu yang menyukai hewan peliharaan. Modal yang dibutuhkan sesuai dengan fasilitas yang akan kamu sajikan, jika mengikuti standar paling minim, kamu hanya perlu menyiapkan uang sekitar 2 jutaan.

Apabila dibanding dengan modal ternak ikan bentuk atau jenis lain, modal ternak ikan cupang jauh lebih murah. Seperti contoh ternak jenis ikan gurame kamu akan membutuhkan modal awal sampai puluhan juta. Untuk lebih jelasnya simak anggaran yang dibutuhkan untuk ternak ikan cupang dibawah ini.

A. Modal Pertama

  • Induk ikan dan bibit ikan seharga 300 ribu
  • Akuarium standar seharga 400 ribu
  • Total biaya yang diperlukan 700 ribu

B. Biaya Perbulan

  • Pakan ikan 200 ribu
  • Pengadaan bibit ikan 300 ribu
  • Kebutuhan vitamin, dll 300 ribu
  • Total biaya perbulan 800 ribu

2. Menghasilkan Keuntungan yang Cukup Besar

Ketika bergelut di bidang bisnis tentu setiap orang ingin mendapatkan untung sebesar mungkin, atau dengan hanya bermodal kecil namun bisa menghasilkan keuntungan yang berlipat-lipat. Seperti halnya menanam sebuah pohon dengan menaruh bibit kecil akan tetapi dapat menumbuhkan pohon dengan ukuran yang sangat besar serta bernilai.

Istilah tersebut sangat cocok jika dikaitkan dengan bisnis ternak ikan cupang, sebab dengan hanya bermodalkan uang sekitar 2 juta saja, keuntungan yang kamu dapat cukup besar. Hal ini disebabkan para pecinta ikan hias menganggap bahwa ikan cupang merupakan hal yang penting.

Ditambah peminta ikan cupang meluas hingga ke pasar Asia seperti Thailand, Singapura, Tiongkok, Vietnam, Filipina dan Malaysia. Masing-masing dari negara tersebut memasang harga mencapai 1 juta rupiah untuk setidaknya 10 ekor.

Pemasaran Ternak Ikan Cupang

Agar dapat memahami setiap sudut dalam sebuah bisnis tentu harus diiringi oleh kemampuan dan pengalaman agar bisa mempromosikan produk usaha kamu, termasuk dalam budidaya jenis ikan cupang yang wajib memperhatikan lokasi tempat jualan serta kebutuhan para konsumen.

Dalam berbisnis, kamu bisa menjajakan dagangan yang kamu miliki melalui cara yang sederhana, contohnya seperti menjajakan dagangan di pasar atau ke penyuka ikan cupang. Akan tetapi, kamu juga memiliki peluang untuk langsung menjualnya ke pengepul yang biasanya mereka memesan banyak sekaligus.

Dalam konteks pemasaran tersebut, sebaiknya kamu tidak membatasi diri untuk pengembangan bisnis yang kamu jalani, kamu bisa menawarkannya mulai dari pasar lokasl sampai mancanegara. Karena beberapa negara yang ada di Asia mempunyai minat yang tingga kepada ikan cupang.

Tips Memulai Ternak Ikan Cupang

1. Pemilihan jenis ikan

Perlu kamu ketahui bahwa ikan cupang tergolong dalam dua jenis karakter, yakni ikan cupang adu dan ikan cupang hias. Ikan cupang hias tentu fungsinya hanya untuk hiasan saja, dengan menonjolkan sirip yang tebal, warna yang menarik, keindahan tubuh serta pergerakannya dalam air, sementara ikan cupang adu hanya untuk di adu saja.

2. Memilih Induk dari Ikan Cupang

Tahapan berikutnya saat mau menjalankan usaha peternakan ikan cupang ialah memilih bibit ikan cupang yang berkualitas. Kamu harus bisa memastikan untuk bisa memilih induk ikan cupang yang sehat, bugar, tidak cacat, bebas penyakit dan merupakan bibit unggul.

Ketika kamu sudah menemukan bibit ikan cupang, setelah itu kamu  tinggal menaruhnya di dalam akuarium yang telah disiapkan. Ikan cupang dapat bertahan hidup di sebuah toples, botol, atau tempat lainnya. Karena, ikan cupang dapat bertahan didalam air yang walaupun tempat tersebut minim oksigen.