Berita Bisnis

Minat Kuliah Jurusan Bisnis? Berikut Kampus dengan Jurusan Bisnis dan Prospek Kerjanya

universitas prasetiya mulya

minizal.net – Memilih jurusan kuliah tentu merupakan salah satu hal yang harus dipertimbangkan secara matang. Di perkuliahan sendiri terdapat banyak jenis jurusan yang dapat kamu pilih sebelumnya. Misalnya adalah jurusan yang berkaitan dengan bidang ekonomi dan bisnis. Lalu kampus apa saja yang memiliki jurusan tersebut dan bagaimana prospek kerja yang ada di dalamnya? Mari simak ulasannya secara lebih lengkap disini.

Kampus dengan Jurusan Bisnis serta Prospek Kerja di Dalamnya

  1. Binus University

Salah satu kampus yang terkenal akan jurusan di bidang bisnis adalah Binus University. Kampus ini sendiri adalah salah satu kampus swasta yang terkenal di Indonesia. Didirikan di tahun 1981, kampus tersebut menyediakan beragam jurusan yang berkaitan dengan dunia ekonomi dan bisnis untuk kamu. Jumlah fakultas yang terdapat di kampus ini ialah 5 buah dengan 28 buah program studi di dalamnya.

universitas binus

Salah satu jurusan yang populer di kampus tersebut adalah manajemen dan administrasi bisnis. Salah satu prospek kerja dengan berkuliah di kampus tersebut ialah bekerja dalam bidang pengembangan bisnis. Juga terdapat banyak alumni dari Binus University ini yang bekerja di perusahaan besar yang ada saat ini. Seperti misalnya adalah di PT Bank Central Asia dan juga CIMB Niaga.

  1. Universitas Prasetiya Mulya

Selain Binus University, kampus swasta yang memiliki jurusan di bidang bisnis adalah Universitas Prasetiya Mulya. Terdapat 2 buah fakultas dengan 14 program studi di dalam kampus tersebut. Terdapat banyak jurusan yang populer dari kampus ini. Seperti misalnya jurusan administrasi bisnis dan manajemen serta jurusan manajemen bisnis dan marketing. Juga terdapat jurusan marketing yang bisa kamu ambil dengan berkuliah di kampus ini.

universitas prasetiya mulya

Tak hanya memiliki jurusan yang erat kaitannya dengan dunia bisnis, kampus ini juga memiliki keunggulan lain yang dapat kamu peroleh. Keunggulan tersebut ialah kurikulum dan kegiatan akademik kampus yang sejalan serta relevan dengan dunia kerja saat ini. Salah satu prospek kerja dengan mengambil jurusan bisnis di kampus ini ialah di bidang business development.

Baca Juga : Mengenal Lebih Dekat Bisnis Papah Online, Sandiaga Uno

  1. Institut Teknologi Bandung

Selain terkenal dengan bidang keilmuan teknik, di Institut Teknologi Bandung juga terkenal dengan bidang keilmuan berupa bisnis dan ekonomi. Di dalam institut tersebut, kamu bisa mengambil jurusan administrasi bisnis dan manajemen. Jurusan ini sendiri dapat dikatakan populer sama halnya dengan jurusan elektro yang terdapat di institut yang terkenal di Indonesia tersebut.

Bidang pekerjaan dari lulusan dari institut ini juga sangat beragam. Salah satunya ialah di bidang pengembangan bisnis jika dilihat dari data yang ada. Institut Teknologi Bandung juga memiliki jumlah fakultas dan program studi yang terbilang banyak. Setidaknya terdapat 13 buah fakultas dan juga 46 program studi. Di dalam institut ini juga terdapat banyak staf pengajar ahli yang kompeten di bidangnya masing masing.

  1. Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada adalah kampus selanjutnya yang memiliki jurusan bisnis di dalamnya. Jurusan di bidang bisnis tersebut dapat kamu temui di fakultas ekonomika dan bisnis. Sebelumnya nama fakultas tersebut ialah bernama fakultas ekonomi saja dan baru berubah di tahun 2007 yang lalu. Terdapat 3 jenjang pendidikan yang dapat kamu tempuh di dalam fakultas yang ada, yaitu S1, S2, dan juga S3.

universitas gadjah mada

Jurusan yang dapat kamu pilih antara lain adalah manajemen, akuntansi, ilmu ekonomi, dan masih banyak lagi yang lainnnya. Fakultas ekonomika dan bisnis dari Universitas Gadjah Mada ini juga merupakan sebuah sekolah bisnis yang pertama kali tergabung di dalam AACSB. AACSB adalah The Association to Advance Collegiate Schools of Business, yaitu sebuah lembaga untuk akreditasi sekolah bisnis pada kancah internasional.

  1. Universitas Indonesia

Salah satu universitas yang paling terkenal di tanah air adalah Universitas Indonesia. Di kampus tersebut kamu juga dapat menemui fakultas ekonomi dan bisnis. Fakultas ini sendiri telah berdiri sejak tahun 1950 yang lalu. Hal inilah yang menjadikan fakultas tersebut menjadi salah satu fakultas ekonomi paling tua di negara Indonesia. Sama halnya di Univeristas Gadjah Mada, fakultas ini juga memiliki 3 jenjang pendidikan di dalamnya.

Contoh jurusan di bidang keilmuan ekonomi bisnis yang dapat kamu ambil adalah akuntansi ekstensi, bisnis Islam, dan juga jurusan manajemen ekstensi. Banyak alumni dari salah satu fakultas yang terdapat di kampus ini telah memiliki karir cemerlang di bidang ini. Baik di instansi pemerintah maupun swasta. Seperti misalnya berkarir di bidang keuangan dan investasi serta di bidang pemasaran.

Bagi kamu yang berminat untuk berkarir di bidang bisnis, maka salah satu langkah yang bisa ditempuh adalah dengan menuntut ilmu di kampus-kampus ini. Beragam jurusan dapat kamu pilih sesuai dengan minat dan rencana yang dimiliki. Dengan beragam keunggulan yang ditawarkan oleh pihak kampus diharapkan mampu membantu kamu mengejar karir dan mimpi yang dimiliki di masa mendatang.