Berita BisnisSerba-Serbi

Mengenal Lebih Dekat Bisnis Milik Papah Online, Sandiaga Uno

sandiaga uno papa online

minizal.net – Semenjak beberapa waktu yang lalu, Sandiaga Uno kerap dipanggil oleh warganet dengan sebutan papah online. Sang istri juga ikut disebut sebagai mamah online. Hal ini dikarenakan karisma dari Sandiaga Uno yang terlihat mengayomi di kegiatan pemilihan Presiden beberapa waktu yang lalu. Sosok Sandiaga Uno sendiri merupakan salah satu pebisnis sukses dari Indonesia yang memiliki beragam jenis bisnis perusahaan hingga saat ini.

Beragam Bisnis yang Dimiliki Oleh Sandiaga Uno Sang Papah Online

  1. PT Saratoga Investama Sedaya Tbk

Salah satu bisnis yang dimiliki oleh Sandiaga Uno adalah PT Saratoga Investama Sedaya Tbk. Perusahaan ini sendiri telah didirikan sejak tahun 1998. Tidak sendirian, Sandiaga Uno mendirikan perusahaan tersebut bersama dengan Edwin Soeryadjana yang merupakan anak dari William Soeryadjana. Bidang bisnis dari perusahaan ini ialah berupa investasi. PT Saratoga Investama Sedaya Tbk kala itu memberikan investasi ke perusahaan lain dengan dana segar.

sandiaga uno papa online

Di tahun 2016 yang lalu, PT Saratoga Investama Sedaya Tbk juga telah menyumbangkan 401 miliar dividen kepada para pemegang saham. Sang papah online Sandiaga Uno sendiri memiliki saham senilai 27,7% pada perusahaan tersebut. Dengan keadaan ini, PT Saratoga Investama Sedaya Tbk merupakan sebuah perusahaan holding yang melakukan investasi kepada perusahaan besar lain yang juga mereka miliki.

  1. PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk

Selain PT Saratoga Investama Sedaya Tbk, Sandiaga Uno juga memiliki perusahaan lain bernama PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk. Sektor yang dimiliki oleh perusahaan tersebut ialah otomotif. Di tahun 1987 silam perusahaan ini dibangun oleh William Soeryadjana. Hingga saat ini, perusahaan tersebut memiliki banyak anak perusahaan yang lainnya. Seperti misalnya Artha Finanche, MPM Rent, MPM Motor, dan juga MPM Distributor.

Baca Juga : Cara Cerdas Memanfaatkan Media Sosial Untuk Perkembangan Bisnis

  1. PT Provident Agro Tbk

Dengan keuletan yang dimilikinya, Sandiaga Uno juga memiliki bisnis lain dengan sektor yang berbeda. Fokus bidang usaha pada perusahaan ini adalah kelapa sawit. Pada tahun 2006 lah, PT Provident Agro Tbk ini didirikan dengan melalui investasi pada Saratoga. Kepemilikan Sandiaga Uno pada perusahaan ini di kala itu ialah sebesar 50%. Namun saat ini diketahi bahwa angka tersebut sedikit menurun sekarang.

pt provident agro

Keuntungan yang diperoleh oleh PT Provident Agro Tbk ini juga tidak tanggung tanggung. Keuntungan bersih senilai 168 miliar rupiah dapat diraup hanya dalam waktu 4 bulan di tahun 2014 silam. Tentu saja hal ini menjadikan perusahaan tersebut tidak dapat dipandang sebelah mata. Dengan keuntungan yang ada pada perusahaan tahun 2017, PT Provident Agro Tbk bahkan memberikan dividen kepada pemegang saham senilai 177,99 miliar rupiah.

  1. PT Medco Power Indonesia

Sang papah online Sandiaga Uno juga melakukan investasi di PT Medco Power Indonesia. Perusahaan ini sendiri telah berdiri pada tahun 1980 silam. Tokoh pendiri dari perusahaan tersebut adalah Arifin Panigoro. Dengan melalui perusahaan PT Saratoga Investama Sedaya Tbk inilah, Sandiaga Uno membeli saham di perusahaan ini pada tahun 2012 silam. Dengan jumlah tersebut, Sandiaga Uno telah memiliki 50% jumlah saham di PT Medco Power Indonesia.

  1. PT Tower Bersama Infrastructure Tbk

Nama perusahaan besar lain yang dimiliki oleh Sandiaga Uno adalah PT Tower Bersama Infrastructure Tbk. Pertumbuhan dari perusahaan tersebut juga sangat pesat, yaitu sekitar 20% di tiap tahunnya.

tower bersama infrastructure group

Di tahun 2014 yang lalu, penghasilan dari perusahaan ini telah mencapai angka 2,7 triliun. Fokus dari perusahaan ini ialah di bidang telekomunikasi yang memiliki peran yang besar dalam membangun daerah di Republik Indonesia hingga kini.

  1. PT Adaro Energy Tbk

Di tahun 2001, melalui PT Saratoga Investama Sedaya Tbk Sandiaga Uno mempunyai hak miliki atas perusahaan ini. Fokus bisnis pada perusahaan PT Adaro Energy Tbk sendiri ialah batu bara. Perusahaan ini sendiri merupakan sebuah perusahaan yang didirikan dari negara Spanyol pada tahun 1982 silam. PT Adaro Energy Tbk tersebut juga merupakan salah satu perusahaan miliki Sandiaga Uno yang paling terkenal.

PT Adaro Energy Tbk bahkan berhasil memproduksi 56,2 ton batu bara pada tahun 2014 silam. Dengan jumlah tersebut, penjualan yang diperoleh bahkan telah mencapai angka 3,3 miliar dollar. Keuntungan dari penjualan tersebut ialah 183,5 juta dollar. Jika dirupiahkan angka tersebut juga terbilang sangat besar. Karena keuntungan yang ada ialah sebesar 2 triliun rupiah. Sebuah angka yang fantastis bukan?

Tidak hanya terkenal di kancah politik, tokoh sang papah online Sandiaga Uno juga merupakan tokoh yang sukes di bidang bisnis. Perusahaan yang dimiliki oleh tokoh yang kebapakan tersebut juga tidak sedikit. Dari setiap perusahaan besar tersebut juga memiliki fokus atau bidang yang berbeda beda. Dengan keuntungan yang diperoleh perusahaan juga membuat kekayaan sang papah online ini juga semakin bertambah seiring berjalannya waktu.