Berita Bisnis

Keuntungan Mengajukan KTA Sebagai Modal Bisnis

KTA

Ketika membutuhkan biaya untuk modal usaha, melakukan pinjaman dana ke bank dengan sistem KTA atau Kredit Tanpa Agunan merupakan ide yang sangat bijak. Seperti namanya, KTA sendiri merupakan pinjaman dana yang diberi oleh bank terhadap calon peminjam atau nasabah tanpa menyerahkan sebuah jaminan atau agunan harta yang biasanya menjadi syarat untuk peminjaman.

Dari proses ajuan sampai proses pencairan uang KTA berbeda-beda tiap bank, akan tetapi jika dilihat dari rata-rata skala umumnya akan membutuhkan sekitar 3 hari sampai 10 hari.

Berikut Keunggulan Jika Menggunakan KTA Sebagai Modal Usaha

Sesudah kamu mengetahui apa itu KTA, berikutnya disini akan menjelaskan beberapa hal yang menjadi keunggulan jika memanfaatkan KTA untuk modal usaha. Agar lebih jelas, simak pembahasannya dibawah ini.

1. Tidak membutuhkan Jaminan

Pengajuan dana KTA sendiri, tidak harus melampirkan jaminan dari calon peminjam atau nasabah terhadap pihak bank terkait. Kondisi ini pastinya akan memudahkan kamu jika ingin mencari lembaga pembiayaan yang bisa meminjamkan dana namun tanpa adanya agunan. Kamu tidak perlu lagi merelakan kendaraan atau bahkan rumah pribadi untuk dijadikan jaminan.

Jika kamu benar-benar menggunakan dana pinjaman tersebut untuk modal usaha, tentu akan menjadi pilihan yang tepat, selain kamu tidak perlu memberikan jaminan apa-apa, kamu pun bisa mengembangkan usaha dengan nyaman, apalagi saat pertama buka usaha biasanya akan membutuhkan transportasi, akomodasi dan modal agar usaha kamu bisa lancar.

2. Proses Mudah

Pengajuan pinjaman dana untuk sistem KTA bukan sesuatu rumit, malah banyak yang menyebut prosesnya sangat mudah dan sederhana sebab kamu hanya menyiapkan beberapa syarat serta mendaftarkan diri. Untuk pendaftarannya pun dan dilakukan via online tentunya di website bank terkait, kamu tidak harus datang ke lokasi dan mengantri yang penuh sesak.

Semua syarat yang ditetapkan pun terbilang standar jika berbicara untuk proses pengajuan bidang pembiayaan, contohnya seperti dokumen identitas diri, serta slip gaji atau tanda penghasilan perbulan yang memenuhi syarat.

3. Pencairan Dana Sangat Cepat

Kelebihan KTA iyalah bisa digunakan untuk dapat memenuhi kebutuhan yang mendadak, membuat proses untuk pengajuannya serta pencairan sedikit lebih cepat dari pada produk pembiayaan lain. Selama kamu memenuhi semua syarat yang ada dan mengikuti sesuai prosedur yang sudah ditetapkan, tentu proses pengajuannya berjalan tanpa masalah sampai hari pencairan dana tersebut. Kondisi tersebut pastinya akan sangat membantu bagi kamu yang ingin membuka usaha segera

Resiko Jika memilih KTA

Jangan lupa jika setiap produk pinjaman tentu mempunyai keunggulan dan kekurangan di setiap aspeknya. Apabila kamu sudah mengetahui kelebihan dari KTA itu sendiri, alangkah baiknya kamu juga harus mengetahui kekurangan apabila kamu memilih KTA sebagai sistem bantuan keuangan.

Hal ini agar bisa menjadi pertimbangan kamu serta bisa mengukur kondisi yang ada di lapangan, agar semua rencanamu dapat berjalan sesuai harapan. Berikut penjelasan tentang kelemahan dari KTA.

1. Suku Bunga Cukup Tinggi

Biasanya bunga yang dibebankan untuk produk KTA sendiri cukup tinggi. Kamu harus siap dengan ini semua sebab hal tersebut merupakan cara dari pihak pemberi pinjaman dana untuk menghindari kerugian karena memberikan pinjaman tanpa agunan.

Ini merupakan hal yang sangat adil sebab KTA sendiri sama sekali tidak membutuhkan sebuah aset yang akan dijadikan jaminan. Untuk produk pinjaman dengan agunan atau jaminan, kemungkinan resiko dari pihak bank hampir tidak ada. Maka dari itu, pihak bank atau pemberi pinjaman dana membebankan bunga pinjaman cukup tinggi. Pastinya ini akan lebih berat saat kamu membayar angsuran KTA.

2. Tenor yang Lebih Pendek

Berikutnya adalah resiko yang wajib kamu ketahui. Saat kamu mengajukan KTA kamu akan mendapatkan tenor atau masa pinjam sangat pendek. Biasanya masa pinjam atau masa tenor dari KTA akan lebih pendek dibanding produk pinjaman dengan agunan.

Tentu, dengan memiliki masa pinjam atau tenor yang lebih pendek, jumlah angsuran yang wajib kamu bayar pastinya akan lebih tinggi. Umumnya tenor KTA sendiri maksimal selama lima tahun.

3. Jumlah Pinjaman Rendah

Terdapat kekurangan lain yang ada di produk KTA, selain masa tenor pendek serta bunga yang lebih tinggi dari produk lain. KTA sendiri mempunyai batas maksimum pinjaman, yang berarti kamu tidak bisa meminjam dana yang terlampau batas.

Hal ini adalah cara dari debitur jika nantinya akan mengalami kendala macet atau bahkan gagal membayar. Bila kamu ingin mendapatkan dana dari KTA, jumlah dana yang dapat kamu pinjam hanya 200 juta saja. Apabila kamu membutuhkan jumlah pinjama yang lebih tinggi atau lebih dari nilai yang sudah ditetapkan oleh pihak bank sebaiknya kamu mencari opsi lain jika ingin meminjam dana.