Hal yang Bisa Dipelajari dari Personal Branding Elon Musk, Si Bos Baru Untuk Twitter

Siapa sih Elon Musk? Pasti mayoritas dari kalian sudah tau ya. Tapi kali ini akan dibahas sedikit mengenai siapa sih Elon Musk itu? Nah jadi, Elon Musk adalah seseorang yang pernah menempati posisi orang terkaya nomor 1 di dunia dan merupakan seorang CEO dari SpaceX dan Tesla. 

Elon Musk Menjadi orang terkaya di dunia versi majalah Forbes dengan kekayaan total 3.148 triliun rupiah. Baru-baru ini ia membeli saham Twitter senilai 637,1 triliun rupiah. Ia juga baru saja bertemu dengan Presiden Jokowi untuk membahas peluang investasi dan kerjasama dengan Indonesia di bidang teknologi. 

Elon Musk juga merupakan seseorang yang cukup heboh di sosial media, karena dia memberhentikan transaksi menggunakan bitcoin yang akhirnya menyebabkan harga bitcoin menjadi jatuh dan menjadi sebuah trending topic di sosial media.

Elon Musk dikenal sebagai seorang yang memiliki personal branding yang kuat. Elon merupakan sosok yang visioner dalam memimpin semua perusahaan yang dimilikinya. Berbagai perusahaan di dunia telah ia miliki, seperti PayPal, Zip2, Tesla, SpaceX dan Twitter. Elon Musk selalu yakin dengan idenya meski mengalami penolakan, tapi ia yakin bahwa idenya akan menghasilkan sesuatu. Ia termasuk orang yang pantang menyerah, ia akan bangkit menjadi pribadi yang lebih kuat dan lebih mampu. Bahkan personal branding Elon Musk lebih powerful daripada Company Brandingnya. Inilah yang membuat Elon Musk sukses dengan berbagai bidang bisnisnya. 

Nah, ada beberapa hal yang bisa kita pelajari dari personal branding Elon Musk, sehingga kita bisa mengikuti jejak dan meraih kesuksesan seperti Elon Musk, apa sajakah itu? Ini dia pembahasannya. 

  • Elon Musk sangat suka mempelajari hal baru 

Elon Musk bisa dibilang sebagai seorang kutu buku karena dia sangat senang membaca buku. Saat ia berusia 9 tahun, ia dibelikan sebuah ensiklopedia yang sangat tebal oleh orang tuanya dan mampu membacanya sampai selesai. Lalu semasa sekolahnya, saat ia pulang sekolah ia selalu menyempatkan ke toko buku untuk membaca. Bahkan adiknya Elon Musk mengatakan bahwa saking cintanya membaca buku, Elon Musk bisa membaca sampai 2 buku dalam sehari.

Pada saat itu orang tua Elon Musk membelikan sebuah komputer dan di usia yang terbilang muda, ia mempelajari banyak hal dengan komputer tersebut dan luar biasanya setelah 3 tahun ia mempelajari komputer, ia  mampu membuat dan merancang gamenya sendiri pada usia 12 tahun. Waw sangat keren ya? Kita dapat belajar dari seorang Elon Musk minimal setidaknya kita rajin membaca, mempelajari hal-hal baru sehingga membuka pikiran-pikiran kita terhadap pengetahuan yang akhirnya dapat meningkatkan berbagai hal yang ada pada diri kita untuk menghadapi masa yang akan datang. 

  • Memiliki inovasi dan ide-ide yang sangat kreatif 

Hal ini bisa kita lihat di salah satu usahanya, yaitu Tesla. ia membuat sebuah mobil dengan desain yang cukup unik dan menggunakan teknologi yang pada saat itu belum dimiliki oleh merk mobil lainnya. Karena ia menjadi orang yang pertama memiliki inovasi tersebut, membuat banyak orang yang tertarik untuk memiliki mobil Tesla ini. Nah, hal yang bisa kita pelajari adalah menjadi unik dan menjadi pelopor merupakan salah satu orang yang bisa kita pelajari agar kita tidak takut untuk memulai sebuah hal baru bahkan memulai sebuah aksi yang unik dan berbeda dengan yang lain. 

  • Berani mengambil resiko 

Inovasi yang diciptakan Elon Musk ini sangat luar biasa unik dan gila, bayangkan saja ia akan menciptakan kehidupan di Mars. Tentunya persentase keberhasilan dari usaha-usaha yang dimiliki Elon Musk belum bisa diketahui apakah akan berhasil atau tidak. Namun ia sangat berani mengambil resiko sehingga memulai usaha yang bahkan belum pernah dipikirkan oleh orang lain. Jadi terkadang kita juga tidak perlu terlalu berlebihan memikirkan nantinya bagaimana, tapi yang kita perlukan adalah memulainya, karena kalau hanya punya rencana tanpa aksi, maka kita tidak akan tahu hasilnya seperti apa.  

  • Kebiasaan sederhana Elon Musk

 Kebiasaan yang dilakukan oleh Elon Musk ini terbilang sangat simple dan bisa kamu tiru karena bersifat praktis dan bisa dikerjakan oleh semua orang. Apa sajakah itu?

  • Mandi

Elon Musk pernah ditanya pada tahun 2015 “Kebiasaan apa yang paling memberikan dampak positif dalam kehidupan anda?”. Jawaban Elon Musk hanya terdiri dari 1 kata, yaitu “Showering” yang artinya mandi. Mungkin terdengar nyeleneh, namun berdasarkan penelitian, apabila kita memperhatikan penampilan kita dengan baik maka pekerjaan kita pun akan lebih cenderung dapat diselesaikan dengan baik. Saat kita bangun di pagi hari lalu mandi maka badan kita akan terasa lebih segar dan lebih siap untuk menjadi lebih produktif hari ini. 

  • Ingin Menjadi Contoh 

Elon tidak pernah menyuruh pekerjanya bekerja lebih keras dari dirinya, dengan kata lain ia menjadi contoh bagi para pekerjanya bukan hanya menyuruh-nyuruh saja. Elon Musk diketahui bekerja 85 – 100 jam selama seminggu tanpa libur, yang artinya ia bekerja selama 12 – 14 jam perhari. Jadi, disaat seluruh pekerjanya bekerja keras, ia bekerja lebih keras. So, jadilah contoh untuk semua anggota atau masyarakat di sekelilingmu. 

Wah, menarik sekali ya personal branding dari seorang Elon Musk, Si Bos baru Twitter ini. Semoga kita semua dapat mencontoh kerja kerasnya hingga mencapai kesuksesan ya.