Berita Bisnis

Gurita Bisnis Miliarder Amerika, Elon Musk

spacex bisnis elon musk dalam bidang aerospace

minizal.net – Bagi para pengguna internet, pastinya anda pun akan tidak asing dengan nama Elon Musk. Lelaki kelahiran Afrika Selatan ini merupakan seorang entrepreneur yang cukup populer. Dimulai dengan usahanya pada sebuah website yakni X.com, maka miliarder ini pun terus melebarkan sayapnya dan berhasil memiliki banyak bisnis di berbagai bidang usaha. Bisnis apa saja yang telah dimiliki oleh Elon Musk? Berikut simak ulasannya.

Mengintip Berbagai Bisnis Yang Dimiliki Oleh Pemuda Satu Ini

  1. Dalam Bidang Kesehatan

Proyek pertama yang dimiliki oleh lelaki entrepreneur ini adalah dalam bidang kesehatan. Neuralink merupakan sebuah proyek yang berfungsi untuk menyatukan otak manusia dengan komputer secara langsung. Untuk tujuannya sendiri, pun cukup bagus. Dimana Musk ingin agar nantinya manusia mampu untuk bersaing dengan Al. Musk pun beranggapan bahwa satu satunya cara manusia untuk bertahan hidup dari serangan Al yakni dengan menyatukan otak manusia.

neuralink bisnis elon musk bidang kesehatan

Penyatuan otak manusia secara langsung dengan komputer ini akan mampu untuk membuat seseorang menjadi bisa untuk bertahan hidup. Untuk itu, Neuralink pun berfokus untuk membantu manusia yang terkena penyakit seperti kanker, stroke, gangguan syaraf dan juga beberapa penyakit yang lain. Apabila proyek satu ini berhasil maka nantinya akan mampu untuk mengurangi biaya pengobatan yang mahal dan juga waktu pengobatan yang lama.

  1. Dalam Bidang Artificial Intelligence

Pria ambisius ini pun sempat mengatakan di Twitter bahwa OpenAi yang merupakan perusahaan nirlaba miliknya mampu untuk mengalahkan player terbaik di dalam kancah eSport. Tak hanya itu saja, ia pun mengatakan bahwa pengembangan ini pun tak hanya akan berfokus pada dunia video games saja, melainkan dapat dimanfaatkan secara lebih besar lagi.

Untuk itu, ketika AI tetap dikembangakn maka nantinya lambat laun manusia pun menjadi tidak memiliki masa depan. Hal ini dikarenakan peran dan tugas dari manusia dapat dengan mudah untuk terganti dengan robot. Tentu saja, ini akan menjadi salah satu ketakutan dari Elon Musk. Karena suatu saat keberadaan dari AI akan mampu untuk menggantikan manusia ketika ia telah berhasil untuk mengembangkan dirinya sendiri.

Baca Juga : Bisnis yang Merugi Selama Masa Pandemi di Indonesia

  1. Dalam Bidang Telekomunikasi

Untuk bidang telekomunikasi, bisnis yang diusung oleh Elon Musk adalah Starlink. Starlink sendiri merupakan penyedia jasa internet yang menggunakan teknologi satelit. Didirikan dan beroperasi oleh SpaceX, maka penyedia jasa internet satu ini pun mampu untuk menyediakan kecepatan untuk berinternet dengan kekuatan yang super kencang dan dengan latency yang rendah.

starlink bisnis elon musk di bidang telekomunikasi

Sehingga, Starlink pun dapat menjadi salah satu primadona baru bagi salah satu penyedia jasa internet yang ada di dunia. Hal tersebut dibuktikan pada tahun 2020, Starlink sendiri telah mempunyai banyak sekali proyek strategis. Dimana hal tersebut dapat diperkirakan sebagai penyedia jasa telekomunikasi yang terbesar di dunia.

  1. Dalam Bidang Infrastruktur dan Transportasi 

The Boring Company, didirikan oleh Elon Musk dengan cukup unik. Awal mulanya, ia pun berbicara di Twitter bahwa ia telah merasa gila dengan padatnya lalu lintas. Masih di dalam cuitan yang sama, ia pun mengatakan bahwa akan membuat terowongan untuk lalu lintas. Dan tidak lama kemudian, muncullah perusahaan yang memiliki julukan yakni TBC.

Tak hanya membuat terowongan saja, pria yang belum genap berusia 50 tahun tersebut juga membuat kendaraan dengan jenis baru. Dimana yang dikenal dengan sebutan “Fifth mode of transport”. Kendaraan ini memiliki bentuk yang menyerupai kereta api cepat dan mempunyai kecepatan yang lebih cepat jika dibandingkan dengan Shinkansen.

  1. Dalam Bidang Aerospace

Pria satu ini pun juga memulai mimpinya dengan melakukan traveling ke planet Mars dengan perusahaan yakni SpaceX. Perusahaan tersebut didirikan yakni sekitar tahun 2002.

spacex bisnis elon musk dalam bidang aerospace

Dengan memiliki proyek yang cukup ambisius yakni dengan mengirim 1 juta orang ke planet Mars untuk dapat hidup dan berkembang biak di tempat tersebut. Sehingga, SpaceX pun harus mengembangkan teknologi roket terbaru dengan menggunakan energi yang reusable.

  1. Dalam Bidang Energi

Proyek pengembangan energi yang memiliki nama SolarCity ini memiliki tujuan yang cukup bagus. Dimana ingin untuk menghilangkan ketergantungan masyarakat terhadap minyak bumi. Dengan menggunakan nama SolarCity, maka perusahaan ini akan memanfaatkan energi solar atau matahari. Proyek ini pun nantinya akan menjadi dasar bagi Elon Musk untuk bisnisnya yang lain yakni seperti SpaceX dan juga mobil listrik.

Tak hanya itu saja, di dalam bidang otomotif ia pun memulai usahanya melalui Tesla. Perusahaan ini pun sempat mengalami pro dan kontra akan perkembangan self driving yang masih dipertanyakan faktor keselamatannya. Namun, dibalik tersebut banyak sekali bisnis dari Elon Musk di berbagai bidang ini yang perlu untuk anda ketahui. Dimana beragam bisnis tersebut merupakan sebuah bentuk inovasi terhadap perkembangan di dunia, terutama di bidang teknologi terkini dan juga otomotif.